Dr. Milya Sari, S.Pd., M.Si

Biografi singkat Dr. Milya Sari, S.Pd., M.Si Lahir di Solok, 21 Juni 1973. Pendidikan formal dasar dan menengah diselesaikan di Solok. Kemudian melanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web

Biografi


Biografi singkat

Dr. Milya Sari, S.Pd., M.Si Lahir di Solok, 21 Juni 1973. Pendidikan formal dasar dan menengah diselesaikan di Solok. Kemudian melanjutkan studi S1 jurusan Pendidikan Biologi di IKIP Padang dengan mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan tamat tahun 1996. Kemudian melanjutkan studi S2 pada Program Studi Biologi pada tahun 1996 di Universitas Andalas, dengan beasiswa URGE dan tamat tahun 1998 dengan predikat cumlaude. Menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Negeri Padang, disertasinya mengembangkan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-Fb) pada perkuliahan Biologi Umum d LPTK-PTKI. Buku yang sekarang ada ditangan pembaca merupakan produk dari disertasi ini.

Karirnya dimulai sebagai Guru SMA Cendana Caltex Rumbai tahun 1999. Dari tahun 2000 hingga sekarang menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Padang. Tahun 2013-2015 pernah menjadi tutor pada UPBJJ Universitas Terbuka Padang.

Terlibat dalam berbagai penelitian bidang pendidikan dan sains. Penelitian-penelitian yang pernah dilakukan adalah: Pengaruh Penambahan Maizena sebagai Alternatif Pengganti Pektin terhadap Mutu selai Belimbing Manis (1996), Studi Habitat dan Tingkah Laku Dendrocyna javanica di Pulai Belibis Solok (1998), Kemampuan Mahasiswa IAIN IB Padang dalam Memahami Mata Kuliah IAD (Studi Kasus di Fak. Tarbiyah IAIN IB Padang) (2005), Persepsi Siswa MAN Kota Padang terhadap kompetensi mengajar Mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah IAIN IB Padang (2007), Analisis karakteristik Mahasiswa dan Kesiapan Dosen IAD, sebagai dasar pengembangan bahan ajar Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami di IAIN Bonjol Padang (2012), Persepsi Mahasiswa Pendidikan IPA-Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang terhadap Model Blended Learning (2013), Analisis kandungan plastik pada gorengan di kota Padang (2015), Analisis Kualitas Jajanan Siswa Madrasah Kota Padang melalui uji biologi, kimia dan fisika (2016).

Tulisan/Artikel dalam bentuk karya tulis ilmiah yang telah diterbitkan yaitu: Pemahaman Ayat-ayat Al-Qur’an melalui Sains dan Teknologi (2002), Kemampuan Mahasiswa IAIN IB Padang dalam Memahami Mata Kuliah IAD (Studi Kasus di Fakultas Tarbiyah IAIN IB Padang) (2004), Reorientasi Pendidikan Sains pada Lembaga Pendidikan Islam (2004), Peran manusia terhadap lingkungan dalam perspektif islam (2005), Aplikasi multimedia sebagai inovasi dalam pembelajaran Ilmu Kealaman Dasar (IAD) (2007), Profesionalisme Guru PPL dalam Persepsi Siswa (2008), Persepsi Siswa Man Kota Padang terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Fak. Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang (2008), Integritas Imtaq dan Iptek dalam mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar (IKD/ IAD (2009), Strategi dan metoda Pembelajaran Biologi Berbasis imtaq di Sekolah dan Madrasah (2010), Maizena sebagai alternatif pengganti Pektin (2011), Analisis karakteristik Mahasiswa dan Kesiapan Dosen IAD, sebagai dasar pengembangan bahan ajar Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami di IAIN Bonjol Padang (2012), Usaha Mengatasi Problematika Pendidikan Sains di Sekolah dan Perguruan Tinggi (2012), Problematika Pembelajaran Sains Ditinjau dari Aspek Guru (2013), Pendidikan Biologi Berbasis Imtaq sebagai Usaha Pembentukan Karakter Bangsa (2013), Development of Blended Learning Model in Teacher Training and Educational Collage (2013), The Use Facebook in Blended Course in Teacher Training Collage (2014), Blended Learning, Model Pembelajaran Abad 21 (2014).

Menikah dengan Dr. Asmendri, S.Ag., M.Pd tahun 2000, dan dikaruniai 3 orang anak, Naila Dinana Khaira (2001), Fauzana Assyahida (2005) dan Hanindhiya Khaira Asmi (2018).

Jika pembaca tertarik untuk menerapkan MBL-fb pada pembelajarannya atau ingin berdiskusi tentang model ini, bisa kontak penulis melalui facebook di Bunda Na-Fa (Milya Sari) atau melalui e-mail ke [email protected].

search

New Post